Cari Blog Ini

Subscribe:

videovideo


Labels

Powered By Blogger

Sabtu, 22 Oktober 2011

Jawaban Quis 1

JAWABAN QUIS 1
1.               Uraikan secara singkat sejarah perkembangan internet di dunia pada awalnya?

Jawaban
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan

2.        Google adalah mesin pencari (Search engine) yang paling banyak digunakan dalam pencarian di internet, mengapa? Apa kelebihannya ?

Jawaban
Alasan pengguna internet banyak memakai mesin pencari google diantaranya adalah :

Fokus Sebagai Mesin Pencari
Google sedemikian fokus atas jenis layanan pencarian informasi sebagai komoditas unggulannya disamping melakukan upaya lain yang memperkaya layanan utamanya.

Popularitas Google
Google sebagai mesin pencari, memiliki nama yang cukup populer di mata para pengguna internet di dunia, sehingga mesin ini dinobatkan oleh para pengguna internet sebagai mesin pencari utama untuk melakukan berbagai macam jenis pencarian. Sejak diluncurkan pada tahun 2001, mesin pencari yang satu ini memang yang paling banyak digunakan netter. Dalam masalah akses dan popularitas, Google tetap meduduki peringkat pertama dalam web.

Kecepatan dan Kemudahan
Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan Google –hanya dengan tiga langkah proses (panggil, ketik, dan lihat hasilnya)–merupakan salah satu kelebihan Google. Google juga sangat baik dalam pencarian pada masalah teknik dan hobi terhadap suatu kegiatan. Demikian pula dalam pencarian gambar dan berita aktual.
Karena Google memberikan hasil pencarian yang relevan -paling pertama dan cepat! Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi sehingga dapat diakses dan berguna. Tanpa perlengkapan pencarian yang sangat berdaya guna, mencari suatu website tertentu sangat sulit, untuk tidak mengatakan mustahil.

Keteraturan pada Internet
Google dirancang untuk menciptakan keteraturan pada kekacauan informasi. Inilah sebuah layanan pencarian seharusnya; bukan sebuah direktori yang diedit, atau dibatasi atau sebuah daftar dari hasil yang sudah didapat dari pencarian yang paling banyak, tetapi sebuah metode pengorganisasian Internet berdasarkan strukturnya itu sendiri.

Mencari Lebih dari 1 juta URL
Indeks Google, yang terdiri dari lebih 1 juta URL, adalah yang pertama dari jenisnya dan mewakili koleksi yang komprehensif halaman-halaman web yang berguna di Internet.
Google terhubung ke lebih dari 8 milyar halaman web. Begitu banyak halaman yang terindeks, sehingga kita seperti dihadapkan dengan sebuah perpustakaan yang sangat lengkap.

Hasil Kata-kata Pencarian
Tidak seperti mesin pencari lainnya, Google hanya menghasilkan pencarian yang cocok dengan semua kata yang Anda masukkan, baik itu dalam teks suatu halaman atau dalam link-link yang menuju ke halaman tersebut. Tidak ada lagi frustrasi dengan hasil yang tidak ada hubungannya dengan kata-kata yang Anda cari.
Kedekatan Kata-kata Pencarian
Hasil pencarian Google tidak hanya mengandung semua kata-kata yang Anda cari, tetapi Google juga menganalisa kedekatan kata-kata tersebut di dalam suatu halaman. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google memprioritaskan hasil menurut kedekatan kata-kata yang dicari. Google mengutamakan hasil yang mendekati kata-kata yang Anda cari, jadi Anda membutuhkan waktu yang sedikit dalam mengelola hasil yang tidak relevan.

Preview untuk Setiap Hasil
Menghindari ringkasan halaman web yang tidak pernah berubah, Google menyerap teks yang cocok dengan kueri Anda di dalam hasil pencarian. Fitur ini menghemat waktu dan frustrasi dalam meload halaman web yang tidak relevan.

Membuat Anda Merasa Beruntung!
Google terlihat cukup hati-hati dalam menghasilkan hasil yang paling tepat untuk pencarian yang umum seperti nama-nama perusahaan. Mereka sangat percaya diri, bahkan, mereka menginstal tombol “I’m Feeling Lucky™”, yang membawa Anda langsung ke website dari hasil pencarian yang pertama. Fitur Google “I’m Feeling Lucky™” dirancang untuk membawa Anda ke informasi dengan cepat.

Cache Halaman Web
Kelebihan lainnya, Google merupakan pioner mesin pencari yang memiliki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan pada halaman telah disimpan sebelumnya.
Google menyimpan banyak halaman web dalam cachenya untuk diambil kepada Anda sebagai back-up kalau-kalau server halaman tersebut gagal secara temporer. Melihat bahan-bahan yang dicache ini seringkali lebih cepat daripada mengikuti link yang biasa, walaupun informasi yang Anda dapat kurang up-to-date.

Penggunaan Fasilitas dan Persaingan
Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan salah satu mesin pencari, umumnya penggunaanya hampir sama satu dengan lainnya, begitu juga dengan fasilitas yang tersedia, bisa jadi satu fitur tidak tersedia di satu tempat namun tersedia di tempat lain, apalagi melihat fenomena penyedia layanan mesin pencari ini saling bersaing ketat satu dengan lainnnya.
Melihat perkembangan akhir-akhir ini, persaingan mereka merupakan kabar bagus bagi kita, karena layanan mereka tentu akan semakin lengkap dari hari ke hari.

Kelebihan mesin pencari Google :

Google Search engine merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, karena mempunyai kelebihan fitur bila dibandingkan dengan mesin pencari lainnya seperti yahoo dan MSN. Adapun kelebihan Google search engine sebagai berikut :
*Google search engine atau mesin pencari google mempunyai suatu algoritma pengindexkan yang paling sempurna dalam mendeteksi suatu artikel yang mirip dengan kata kunci atau keyword yang diketik. Misal keyword Mercedes Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia, Buka Aura atau Jasa Optimasi SEO.

*Google search engine bisa digunakan untuk pengecekan suatu backlink dari situs tertentu.

*Google search engine bisa digunakan sebagai kalkulator online. Anda bisa mengetikkan suatu penjumlahan, perkalian dsb secara langsung untuk mengetahui hasilnya. Misal anda ingin mengetahui jumlah 100+1, anda tinggal melakukan pengetikan 100+1 dan klik telusur atu tekan enter. Maka akan diperoleh hasil dari penjumlahan tersebut.
3.         Apa yang anda ketahui tentang :
a)    co.id
b)    com
c)    go
d)    blogspot.com

Jawaban :

a.  “ Co.id” merupakan nama domain dua huruf yang menyatakan suatu negara dalam hal ini ( Indonesia )
b. “ com “Domain ini digunakan apabila situs tersebut akan digunakan untuk situs yang bersifat Comersil.
c. “ go” merupakan sub domain indonesia yang khusus dipakai untuk pemerintahan.
d. “blogspot.com” merupakan domain sebuah webblog gratis yang dikeluarkan oleh google yang dapat dimiliki oleh umum.

4.        E-Mail adalah salah satu fasilitas pada internet yang banyak digunakan terutama dalam bidang surat-menyurat dan pengiriman data, sebutkan alur yang kita lakukan untuk : mendaftar, mengirim dan membalas E-mail dan jelaskan pula bagaimana cara pengiriman suatu data ?
Jawaban :

Alur yang kita lakukan untuk : mendaftar, mengirim dan membalas E-mail dan jelaskan pula bagaimana cara pengiriman suatu data adalah sebagai berikut :

Pertama untuk mendaftar suatu email tergantung kita ingin mendaftar email di mana? Diantaranya bisa di Google,yahoo dll. Klik menu Sign Up atau Daftar pada Google atau Yahoo.
Untuk mengirim sebuah email kita klik menu tulis surat > isi alamat email yang dituju pada kolom kepada (alamat ) > isi Subjek Pesan > Isi pesan yang dikirim > klik tombol kirim pesan.
Untuk membalas sebuah email kita bisa langsung merepalynya dengan mengklik menu balas > isi pesan > klik menu kirim pesan
Untuk pengiriman suatu data kita perlu memasukkan data yang ingin kita kirim dengan mengklik menu lampirkan berkas atau attacment pada email kita > pilih data yang dipilih > kirim data kita

5.    Situs multimedia yang banyak digunakan untuk kegiatan melihat vidio (film) di internet adalah apa (nama situsnya) ?, apa kelebihan dan kekurangan situs tersebut ?
Jawaban :
YouTube,
Kelebihannya :
bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
sebagai ajang promosi diri
bisa mendownload setiap video
bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
ukurannya ada yang HD, bisa di download
videonya banyak

kekurangannya :
bisa disalahgunakan penggunanya
banyak informasi yang menyesatkan
banyak negara yang memblok Youtube
Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
gambarnya tersendat sendat
banyak video dengan kualitas buruk
tidak cocok untuk slow conection
tidak bisa download secara langsung


6.        Jelaskan Pengertian Tentang?
Browsing?
Chatting?
Download?
Upload?
Mailing List?
E-coomerce?
E-mail?
Browser?
Firewall?
Gateway?
URL - Uniform Resource Locator?
GPRS - General Packet Radio Service?
HTTP - Hyper Text Transfer Protocol?
FTP - File Transfer Protocol?
IP Address - Alamat IP (Internet Protocol)?
TCP/IP - Transmission Control Protocol/Internet Protocol?
World Wide Web - Sering disingkat sebagai WWW?

Jawaban :

Browsing

adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar.

Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.

Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.


Kata lain dari browsing adalah surfing Jadi, browsing berbeda dengan download, chat, kirim email maupun ngeblog (istilah untuk ngeblog= blogging). Di atas adalah pengertian browsing sdangkan manfaatnya adalah:

Browsing bermanfaat untuk Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan
Browsing untuk Belajar online
Browsing untuk mencari file yang akan kita download

Chatting

adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.

Download

adalah menyalin suatu berkas/file dari jaringan internet ke alat /komputer kita

Upload

Adalah menyalin suatu berkas/file dari alat /komputer kita ke Jaringan Internet

Mailing list

Adalah sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

E-coomerce

Adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang

E-mail

adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet

Browser

Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.

Beberapa browser cukup terkenal antara lain;
1. Mozilla Firefox
2. Google Chrome
3. Microsoft Internet Explorer
4. Opera
5. Safari dll

Firewall

adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar.

GATEWAY

Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

URL - (Uniform Resource Locator)

adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

GPRS - General Packet Radio Service

adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Sering disebut pula dengan teknologi 2,5G
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen/halaman dalam WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

File Transfer Protokol (FTP)

adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

Alamat IP (Internet Protocol Address),

adalah sistem pengalamatan di network  dengan menggunakan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255 atau kira-kira akan ada  4 milyar lebih IP address yang dapat dibagikan ke seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia

TCP/IP - Transmission Control Protocol/Internet Protocol

Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack

World Wide Web (www)

Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar,suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebutbrowser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentukgrafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar